Sunday, February 22, 2009

Working life really bites....

Sudah kurang lebih dua bulan nih kerja, mulai mengalami kenyataan-kenyataan hidup di dunia kerja... Hopefully I can survive this...

Beberapa saat yang lalu gw ikut pitching agency untuk redesign website perusahaan. Well, gw ga ikut briefingnya sih, jadi nggak tau spesifikasi apa aja yang diharapkan. Tapi ya sudahlah, buat pengalaman aja ikut pitching kayak gini. Kalo untuk pitching kali ini, diikutin sama berbagai divisi di perusahaan karena masalah website emang kompleks banget... Ada 4 agency yang ikutan. Dan setiap agency itu presentasi, pasti seorang petinggi ini mengkritik design yang disodorin. Tulisannya monoton lah, warna yang nggak sesuai dengan kaidah warna primer&sekunder, desain yang ngebosenin, and the bla and the bla. Semua ini beliau katakan karena pernah belajar desain interior... SO WHAT??? Ada cara yang lebih baik untuk mengkritik hasil kerja orang, kalo kayak gini tuh kayak nggak ada penghargaannya sama sekali... Dan pemenang sementara dipilih karena dia paling niat. Dia kasih 3 alternatif desain, semuanya dikasih printoutnya, dll. Padahal desainnya nggak stand out dibanding design web lain. Sementara yang gw jagoin, ditolak karena ada content yang nggak sesuai, padahal designnya sangat out of the box menurut gw... It's politics at work actually, hope I can do much better ^_^

Another topics, gw akhirnya merasakan deadline yang sangat mepet!!! Dalam 2 jam harus translate 7 halaman!!! untungnya ada temen gw yang mau ngebantuin, Thanks Tia ;) Jadi gw dikasih tugas itu pas mau makan siang, menurut bos 1, gw mkn dulu aja. Entah kenapa, break makan siang gw lama, jadilah jam 1 baru balik ke meja. Eh... baru tau kalo deadlinenya jam 3, means 2 jam lagi!!! Langsunglah gw klarifikasi ke bos 2, yg marah2 karena gw drtd ga ada. Dan dy ngebagi 2 tgsnya sama temen gw. Untungnya sifat mellow gw yg ga bisa bekerja under pressure, ga muncul saat itu. Dan gw bisa menyelesaikan tugasny tepat waktu.... Kayaknya nggak sekali2 lagi break makan kelamaan kalo ada kerjaan baru datang ^_^

Nah,,, sekarang masuk intrik di dalam kantor. Sering banget nemuin manager yang complain ttg atasannya, dan entah kenapa dibicarain di depan anak baru. It's not a good education menurut gw. Kayak membuat persepsi jelek dimata anak baru. Toh kan sekarang katanya ada open door policy, mbok ya ngomong langsung. Ato nggak ngomong di dpn anak baru, mungkin sama manager lain gt. Gw sih biasa aja secara sudah ditempa di PSM, tp tetep disturbing :(

I Find many personality here in the workplace. Sebenernya sudah biasa sih, apalagi sudah ditempa di PSM yang sudah sangat beragam personality orang2nya. Ada bos gw yang sangat tegas dan she knows what she wants and she'll get it. Mulai dari berhubungan sama orang yang sangat birokrat, "menjilat" orang dengan cantik, straight to the point with what she wants, dan tegas banget tentang hal-hal yang harus dilakuin. Hal ini kadang membuat rekan kerja yang lain merasa sering banget dimarahin dan nggak pernah bener dihadapan bos ini (sampe sudah memakan korban bo!!) Trus ada juga bos lain yang tipenya orang jawa banget. Wants to make everybody happy, nggak pengen ada yang merasa tersakiti. Tapi masalahnya, dia jadi kayak kurang ngerti apa yang dia pengen. Gw sih kayak ngerasa kurang greget gitu... makanya i try to mix those personalities and take all the positive sides ^_^

1 comment:

  1. open door policy eh? considering the fact that kita masih beradat ketimuran dan budaya malu kita masih melekat erat... jadi agak sulit siih penerapannya...jd byk yg end up kaya hypocrite gt... gw jg sebel... tp kenyataannya memang hal itulah yg selalu terjadi...

    ReplyDelete