Monday, April 20, 2015

Kick Off Meeting 2015: STRIKE BACK!

What are you going to do when your rival hit you?
STRIKE BACK!!

Yapp,, itulah kira-kira tema kick off meeting perusahaan gue tahun ini: STRIKE BACK!!

So basically, tiap awal tahun tuh perusahaan gue mengadakan acara kick off meeting. Tujuannya sih untuk mengkomunikasikan rencana-rencana dan target-target di tahun 2015 ini. Berhubung tahun ini temanya tahun kebangkitan,, diambillah tema besarnya American Football dengan slogannya STRIKE BACK!!

Walaupun ini baru tahun pertama gue di perusahaan ini, ternyata gue nggak cuma jadi penonton yang manis tapi juga jadi panitia. Boleh tebak gue jadi apa?? Yak anda benar sekali jadi "Controller",, kalau di kegiatan-kegiatan jaman SMA atau kuliah tuh semacam bendahara gitu lah,, hahaha...  Awalnya agak males2an sih tapi trus mikir, "ya lumayanlah dapet exposure di persiapan acara yang lumayan besar (walopun internal kantor) secara passion kan di bidang event organizing katanya". Dan mulailah gue ikut rapat2 koordinasinya,, yang mana membuat gue makin mupeng buat jadi EO (walopun agak malesin di bagian client banyak mau tapi nggak punya budget #eh) Jadi tau juga biaya kalau mau ngundang artis2 ibukota,, hihihi...

Dua minggu sebelum acara, setelah konsep acara team building sudah matang, muncullah tugas gue berikutnya di acara ini. Gue tiba-tiba ditunjuk jadi koordinator tim HO 2 / Perak. Entah kenapa juga gue mau aja (anaknya agak murahan sih memang). Jadi dalam tim ini harus gue bagi lagi jadi 3 subtim, karena akan ada 3 kegiatan berbeda yang diselenggarakan bersamaan yaitu:
1. Fanzone: akan disediakan properti di hari H dan peserta harus bikin poster/banner untuk memberikan semangat bertanding
2. Superbowl: talent show untuk yel-yel heboh
3. Gametime: cepet-cepetan pake properti yang disediakan panitia

Berhubung Game 1 dan Game 3 nggak ada yang perlu dipersiapin sebelumnya, jadilah gue fokus nyiapin buat yang kedua, maklumlah anaknya kompetitif,, hihihi... Dengan waktu persiapan kurang dari seminggu, plus periode closing pula,, gue sebenernya awalnya nggak kebayang bakal gimana dan mulai darimana. Akhirnya gue mulai mengidentifikasi personel-personel yang bisa gue jebak dan bikin invitation meeting buat latihan,, hihihi.. Sebelum latihan gue juga browsing youtube buat mencari inspirasi kira-kira mau pake lagu apa dan gerakannya gimana. Akhirnya personally gue memutuskan untuk pake lagu "We Will Rock You", "Happy", "Waka Waka".

Akhirnya latihan perdana pun tiba. Believe it or not sebelum latihan tuh gue habis closing meeting yang lumayan menegangkan,, untungnya gue aman,, hehehe... Setelah gue muterin satu lantai sampe 2x buat narikin orang,, akhirnya gue berhasil menjaring 5 orang untuk latihan perdana. Mulailah kita diskusi mau pake lagu yang mana dan gerakannya gimana. Lagu "We Will Rock You" lolos seleksi, dan karena video contoh yang gue temuin mirip gerakan saman akhirnya kita pakein gerakan saman sederhana untuk lagu itu. Ya semacam saman fusion gitu,, hehehe...


Lagu "Happy" juga lolos seleksi buat lagu berikutnya. Untuk yang ini latihannya lebih gampang karena tinggal ngegabungin 2 video youtube yang dijadiin contoh. Sayangnya lagu "Waka Waka" nggak lolos seleksi karena katanya sudah pernah dipake di tahun sebelumnya. Jadilah buat lagu berikutnya masih pending. Kepikirannya sih lagu dangdut biar heboh,, jadi kandidat terkuatnya sebenernya "Goyang Dumang". Tapi trus mikir lagi,, saking hitsnya tuh lagu kayaknya bakal banyak grup lain yang pake lagu ini juga. Sampai akhirnya searching youtube dan ketemu sama lagunya Ayu Ting Ting yang "Geboy Mujaer" lengkap dengan contoh gerakan yang heboh banget,, sampai akhirnya kita mutusin buat pake lagu ini,, hihihi...

Cuma sempet latihan 2 hari dengan personel yang gonta ganti sempet bikin gue panik juga sebenernya. Dan kalo gue panik pasti jadinya bete dan cranky. Yang bikin nggak pede sih sebenernya di bagian samannya, karena butuh koordinasi sementara anggotanya selalu gonta ganti. Jadilah waktu nyampe di venue pas hari H gue agak males2an. Nggak terlalu semangat buat ikut kegiatan selama nunggu acara dimulai,, ya paling foto-foto aja sama tim finance. Untungnya,, anggota yang lain masih tetep semangat dan berhasil menjebak orang lain juga,, hihihi... Kita sampe niat pinjem kamar panitia buat latihan segala,, hehehe...

Sesi pertama acara tuh lebih banyak penjelasan dari management tentang strategi ke depan. Gue sih lebih menunggu waktu istirahat biar bisa langsung latihan,, hihihi... Akhirnya latihan terakhir dan anggotanya full team ber10!! Itu cuma bagian yang nari-narinya aja, gue juga berhasil memaksa orang lain buat ikutan bikinin yel-yel dan tampil buat jadi pembuka,, hehehe... Waktu latihan yang cuma sejam dan ruangan yang terbatas ternyata sukses bikin kita makin kompak dan gue makin pede buat tampil :) :)

Belum gue bilangin ya kalo acaranya ini hari Jumat?? Yess,, setelah kecapekan habis latihan, gue kudu wajib solat Jumat. Untungnya gue bukan orang terakhir yang dateng ke masjidnya,, hehehe... Gue pikir makan siang masih ada setelah Solat Jumat, ternyata oh ternyata, makanan sudah habis dan gue cuma kebagian makanan sedikit,, ya nasiblahh, mau gimana lagi :( :(  Akhirnya gue memutuskan masuk ruangan lagi yang ternyata ada sesi karaoke. Tadinya sih cuma mau duduk-duduk aja sambil dengerin orang karaoke,, eehhh taunya ada yang milih lagu Kahitna dan Micnya sampe ke tangan gue.. the rest is history LOL

Sebelum sesi team building dimulai, ada sesi motivasi dulu yang diisi sama Rene Suhardono. Salah satu motivator terkenal tanah air. Ini pertama kalinya gue ikutan sesi dia, quite excited sebenernya karena banyak cerita positif tentang dia. Pas mulai dia sudah minta peserta buat duduk di lantai,, menarik nih kayaknya. Mulai agak keganggu karena dia selalu merasa ada yang salah dengan lighting. Dia lumayan banyak cerita tentang Indonesia Mengajar yang sedikit banyak gue ngerti. Tapi entah kenapa joke dia banyak yang gue nggak terlalu suka. Poin-poin yang disampaikan cukup bagus tapi agak terlalu di awang-awang dan banyak yang sudah tau juga.Overall, gue agak kecewa,, mungkin pesertanya kebanyakan jadi dia agak bingung cara menghadapinya.

Akhirnya sesi yang ditunggu-tunggu pun mulai.. YES,, sesi team building!! Hahaha...
Berhubung gue koordinator tim, gw mempercayakan 2 kegiatan lain ke koordinator sub-team yang sudah gue tunjuk sebelumnya. Maklum anaknya mau fokus ngurusin 1 kegiatan aja,, hehehe... Begitu sampe ke venue langsung ngasih musiknya ke EO dan dapet giliran ke3. Langsung deh final rehearsal sama my beloved team! Termasuk mastiin detail2 pas pergantian lagunya plus janjian cara masuknya sama yang tim yel-yel. Perumpamaan "Tiada Gading Yang Tak Retak" tuh bener banget deh,, baru selesai yel-yel ada masalah yaitu EOnya salah mainin musiknya!! Berusaha tenang tapi agak nggak bisa,, jadi ya pasrah aja biar nggak ganggu konsentrasi. And the rest is another history :) :)

Selesai tampil gue PUAAAASSSSSSS bangetttttt,,, couldn't be more proud with my team!! Bayangin aja latian efektif sebenernya cuma 1 jam, tapi bisa tampil maksimal dan dapat sambutan penonton yang meriah. Not to mention, I got a high-five from my Boss!!! Bos gue yang selalu serius tiba2 bilang Good Job ke gue!! Semoga dengan begitu dia menyadari kalau karir gue salah jalur (ngarep,com)  Kehebohan belum selesai di venue Superbowl doang,, jadi ternyata ada yang ngerekam, jadilah videonya tersebar ke semua orang dan sampe makan malem masih banyak yang ngomongin,, Hahahaha...

Selesai sesi team building  dan makan malem,, akhirnya masuk ke acara puncaknya. Ada penampilan artis plus pengumuman pemenang games. Tapi apa daya ternyata belum rejeki,, jadinya belum menang di tahun ini,, masih ada kesempatan tahun depan sih,, hihihi... MC Omesh & Ayu Dewi sukses menghidupkan suasana acara menjadi lebih meriah. Dan akhirnya penampilan Kahitna muncul juga. Agak males maju ke depan panggung buat nonton,, mungkin karena pas di JHHP sudah maju2 ke depan kali ya,, jadinya ya nonton di barisan paling belakang gitu deh,, hehehe...


  




Friday, January 9, 2015

Personal Development Plan 2015

HAPPY NEW YEAR!!

Selamat memasuki tahun 2015!

Mumpung masih awal Januari nih, gue mau bikin resolusi hidup gue untuk setahun ke depan. FYI, ini pertama kalinya gue bikin resolusi-resolusian macam ini. Tujuan gue bikin ginian sih supaya di akhir tahun gue bisa review lagi,, sebenernya yang gue kerjain setaun ini memang sesuai dengan yang gue harapkan di awal tahun ato malah banyak perubahan,, hehehehe...

Buat yang sudah baca posting gue sebelumnya tentang pencapaian gue di tahun 2014 pasti inget kalo tahun lalu tuh kehidupan profesional gue sangat dilancarkan. That's why,, tahun 2015 ini gue mencanangkan untuk lebih mengembangkan kehidupan personal gue menjadi lebih baik. Jujur di kepala sudah agak banyak sih resolusinya,, jadi mari gue coba tuangkan ya :)

1. Meningkatkan tingkat beribadah
Sudah agak lama tingkat beribadah gue tidak mengalami kenaikan yang berarti. Subuh selalu nggak bangun,, solat bolong-bolong, jarang ngaji dan lain-lain. Well, tahun 2015 ini umur gue bakal 27,, umur yang sudah nggak muda lagi dan harus mulai memikirkan tentang amal ibadah yang sudah gue lakukan kalau suatu saat gue mati (maklum barusan ada musibah Airsia QZ8501).

Personally gue bukan orang yang agamis karena masih ada pertanyaan yang belum bisa terjawab. Tapi ada 1 quote yang gue suka "Lebih baik di dunia jadi orang beragama dan menemukan bahwa setelah meninggal tidak ada surga/neraka, daripada jadi orang atheis dan menemukan bahwa setelah meninggal ada surga/neraka".  Oleh karena itu, gue mencoba memperbaiki ibadah gue di tahun 2015 ini.

Caranya tentu adalah solat jangan bolong - bolong lagi. Khusus untuk Subuh masih agak susah sih, jadi untuk tahun ini targetnya masih solat 4 waktu dulu,, hehehe.. step by step,, tahun depan baru ditingkatkan lagi gitu. Nggak boleh ada lagi alasan lagi jalan di mal trus mushollanya jauh jadinya nggak solat. Atau pulang kantor malem, capek trus langsung tidur lupa Isya'. Trus juga menghindari jama' kalau cuma di dalam kota aja (pembenarannya sih karena gue asli Surabaya, tapi sekarang di Jakarta,, hehehe...) Nggak lupa juga secara apartemen gue deket masjid, kalau memang lagi nggak ada kerjaan lain diusahain untuk ikut solat jamaah di masjid deket rumah :)


Berikutnya adalah mulai ngebiasain untuk ngaji lagi. Insya Allah bulan depan gue umroh bareng bapak ibu gue, harapannya jadi banyak baca Qur'an dan bisa ngabisin beberapa juz. Selain itu, sudah lama gue juga nggak ada peningkatan ibadah di bulan Ramadhan,, jadi kayaknya ngebanyakin ngajinya bisa dilanjutin lagi pas puasa. Target jangka panjang gue untuk perngajian ini adalah sebelum nikah sudah harus khatam Qur'an,, Aamiinn. Malu cuy mau jadi imam keluarga tapi baca Qur'an juga belum khatam,, hehehe...

2. Mulai nyicil rumah
Properti di Jakarta tuh makin lama makin mahal dan makin nggak kejangkau. Gue sendiri, tipikal cowok tradisional, maunya punya rumah sendiri sebelum berkeluarga. Oleh sebab itu, gue pengen banget tahun ini gue sudah bisa mulai nyicil rumah idaman. Yaaa,, siapa tau juga bisa jadi nilai tambah nanti di depan calon mertua kalo sudah punya rumah sendiri,, hehehe...

Ada sih temen gue yang bilang,, "Nggak mendingan nyicil berdua ya lebih ringan?" Yaaa emang lebih berat nyicil sendiri sih,, tapi gue juga beranggapan pamali kalau nanti gue baru pacaran tapi sudah nyicil rumah bareng. Banyak cerita yang sudah-sudah,, nyicil rumah bareng malah putus (Ya nggak usah nyicil bareng juga bisa putus sih). Dan kalaupun rumah yang gue cicil nggak cocok sama pasangan ya bisa dianggep investasi trus dijual lagi deh :)

3. Mulai rutin olahraga
Gue tuh orangnya males gerak bangetttt. Jadi untuk urusan olahraga ini gue juga males. Tapi gue mulai sadar sih, kegiatan sehari-hari gue di kantor yang lebih banyak duduk tuh nggak baik buat kesehatan gue. Harus mulai diimbangi sama kegiatan olahraga. Karena gue nggak berniat untuk jadi member gym,, jadi kayaknya mau memanfaatkan fasilitas yang ada di apartemen aja,, hehehe...

Kemungkinan besar sih gue akan lebih banyak berenang sama lari. Atau kalau ada yang mau ngajakin bulutangkis di sekitar Kuningan gue juga dengan senang hati. Atau mau ngajakin lari pas CFD juga boleh. Pilihan berikutnya sih ikut kelas tipe aerobik macam body combat, body pump, zumba dll,, tapi jangan pernah suruh gue ikut kelas yang membutuhkan kelenturan macam yoga sama pilates,, maklum badan gue tuh tidak seimbang dan tidak lentur :)

4. Kegiatan sosial
Sejak tahun 2013 gue mulai ikut jadi relawan di Indonesia Mengajar waktu jadi panitia Surat Semangat di Festival Gerakan Indonesia Mengajar (FGIM). Tahun 2014 kemarin gue juga ikutan jadi relawan inspirator di Kelas Inspirasi Jakarta 3. Dari pengalaman-pengalaman tersebut gue makin sadar bahwa setiap orang dapat berkontribusi walaupun sedikit untuk perbaikan taraf hidup orang lain.

Di tahun ini gue juga ingin berpartisipasi di kegiatan IM yang lain. Atau ada ajakan lain untuk gabung di kegiatan sosial lain juga boleh banget. Tiap tahun gue juga ikut nyumbang dalam bentuk materi atau baju bekas (lumayan bersihin isi lemari biar bisa belanja lagi,, hehehe...). Tapi pengennya sih tahun ini lebih berperan aktif dan bukan sekedar nyumbang.

5. Mengunjungi tempat wisata baru di Indonesia
Kegiatan ini adalah hal yang terlewatkan di tahun 2014, padahal tahun 2013 sudah sempet ke Ujung Kulon dengan Peucangnya sama NTT dengan kelimutu dan komodonya. Tahun ini pengen banget ke tempat-tempat di Indonesia yang belum pernah dikunjungi,, secara Indonesia ini luas banget yaaaa...



Untungnya, meskipun masih awal tahun, sudah ada tanda-tanda positif untuk rencana traveling tahun 2015 ini. Ada temen pas kuliah yang mau nikah di Purwokerto,, trus kayaknya di deket situ ada objek wisata Batu Raden. Trus sekitar Agustus mau ke Batu Malang sama temen-temen kantor. Kalau ada lagi yang mau ngajak backpacking trip ke tempat lain juga boleh bangettt,, pengen banget sebulan sekali pergi pas weekend gitu,, hehehe...

6. Following my passion
"Do what you love and love what you do", quote ini nih yang selalu bikin gue mikir apakah gue emang menikmati pekerjaan sehari-hari gue. Masih agak susah ngejawabnya, tapi kalau lo berangkat kerja nggak excited dan cenderung males,, hal itu sudah mengindikasikan sesuatu sih menurut gue. Gue setuju dengan pernyataan "Kalau lo menyukai pekerjaan lo, maka lo akan mengerjakan dengan maksimal, tanpa tekanan dan selalu merasa tertantang untuk menyelesaikan masalah".

Karena itu, gue mulai mencari jawaban atas pertanyaan "apa sih pekerjaan yang gue nikmatin?" So far jawabannya ada di event organizing. Entah kenapa dari jaman kuliah kalau disuruh jadi panitia kegiatan pasti dengan senang hati. Terakhir adalah gue rela pulang kantor ngelembur buat bikin Guideline hari-H pas FGIM. Not to mention, H-2minggu sebelum acara yang tiap hari bisa nongkrong di Galuh sampe jam 11 malem. Kalau gue rela ngerjain itu semua tadi tanpa imbalan dengan senang hati, gue pasti akan lebih senang lagi kalau gue dibayar untuk melakukan yang gue senangi.

Dan gue excited banget karena di awal tahun ini dibukain jalan buat ngerjain first project gue. Gue ngebantuin temen gue buat nyiapin acara pernikahannya,, jadi kayak wedding organizer gitu. Awalnya sih nggak kepikiran, trus pas temen bilang mau nikah, entah dateng darimana gue menawarkan diri buat bantuin jadi WO dia. Karena ini bidang jasa, jadi secara materi gue juga nggak perlu nyiapin modal besar dan kemungkinan resiko juga kecil. Itung-itung mencari jawaban apakah benar gue suka sama event organizing kayak gini. Jadi, kalau ada yang mau dibantuin lagi juga boleh,, mumpung masih promosi,, hehehe...

7. Last but not least, relationship
Tahun 2016 umur gue bakal 28 tahun, dan di umur itu bapak gue dulu nikah. Intinya sih nggak jauh-jauh dari semakin berkurangnya alasan yang bisa dipake kalau gue sampe tahun depan belum nikah juga. That's why tahun ini doanya yang paling kenceng tuh supaya dipertemukan dengan jodoh gue. Semoga nanti dengan berdoa di depan Ka'Bah bisa lebih cepet dikabulin doanya,, Aamiinn :)


Well,, kayaknya sudah segitu dulu deh resolusi gue tahun 2015 ini.
Gue berharap resolusi ini bisa terlaksana di sepanjang tahun 2015 ini.
Dan gue bisa lebih mudah untuk bikin evaluasi akhir tahun nantinya,, hehehe...   

     

Tuesday, December 30, 2014

Refleksi Tahun 2014

Wewww,,, ternyata sudah 3 tahun aja gue nggak nulis di blog.

Berhubung sekarang lagi tanggal 31 Desember 2014,, saatnya gue bikin tulisan tentang "Refleksi Tahun 2014" (Apparently this is my first ever Year End reflection,, hehehe...)

Gue coba membagi tulisan ini dalam dua bagian besar,, yang didalamnya juga akan ada beberapa poin lebih kecil supaya lebih gampang membacanya :)

PROFESSIONAL

Overall, tahun 2014 adalah tahun terbaik di karir gue sampai saat ini. Gue sangat bersyukur tahun ini banyak dimudahkan untuk mendapat hal-hal yang gue inginkan dalam karir gue. It's such a wonderful year for my professional career :)

1. Marketing role
Di tahun ini akhirnya gue bisa mencicipi bekerja di bidang marketing. Walaupun cuma 5 bulan dan nggak punya banyak budget untuk melakukan banyak activity,, tapi gue dapet kesempatan untuk managing brand yang sudah dikenal di masyarakat luas dengan reputasi yang cukup baik. Bahkan kontribusi penjualan untuk perusahaan gue sebenernya juga bukan yang paling rendah lohhhh... Sayang aja karena bukan fokus global office, jadinya nggak diliatin deh brandnya.

Banyak hal yang gue pelajarin selama di marketing. Berhubungan dengan hal-hal dan pihak-pihak baru yang tentunya menambah pengetahuan gue tentang commercial area of the business. Untuk marketing skill sih belum terlalu banyak terasah, tapi sudah cukup bersyukur dikasih pengalaman yang banyak selama gue kerja di marketing :)

Thanks for everyone who supports my career move. Gue tahu gue nggak boleh posi kalo berhubungan sama perusahaan gue sebelumnya,, tapi untuk alasan ini gue tetep harus kasih the biggest credit to my boss :)

2. Being a manager!
My biggest achievement of this year!!
Nggak sengaja ketemu mantan HR Pfizer yang ternyata sekarang kerja di Headhunter,, iseng kirim CV,, Voila!  nggak nyampe 5 bulan setelahnya,, gw sudah mendapat job offer that I could not resist!

Walaupun di perusahaan sebelumnya gue diPHPin buat dipromote,, dikasih career move sesuai keinginan gue,, tapi karena suasana yang berubah (temen-temen kerja gue sudah banyak yang resign waktu itu), akhirnya gue mulai nyari-nyari kerjaan baru. Alhamdulillah, doa gue dikabulkan dengan cukup cepat :)

Awalnya gue agak males-malesan dateng interview, karena posisi pertama yang ditawarin tuh posisi yang gue nggak ngerti gimana ngerjainnya (Financial Reporting to be exact,, kriikk,, mana gue punya pengalaman disini ya??) Tapi diinterview itu ternyata dibilangin kalo ada 2 posisi vacant dan satunya lagi adalah commercial finance! To make it short dengan proses 1 bulan, akhirnya gue dapet tawarannya :)

Sampai saat ini sudah 7 bulan gue masuk di perusahaan baru ini. So far sih masih enjoy aja :) Terlebih lagi karena gue sudah harus mulai mencoba untuk stay di perusahaan lebih dari 2 tahun (Ya,, gue belum pernah stay di perusahaan mencapai 2 tahun!!) Maklum ada yang bilang gue masih galau dan belum tau ke depannya maunya apa (Partially true sih,, )


PERSONAL

Hmmm,, nggak seperti kehidupan professional gue yang tahun ini cukup menggembirakan, my personal life is a bit mixed feeling.

1. Following my passion in organizing event
Tahun 2014 ini gue dapet beberapa kesempatan untuk menyalurkan hobi gue buat  jadi "event organizer". Walaupun capek dan melelahkan, tapi selalu ada sensasi yang menyenangkan setiap gue terlibat dalam suatu event tertentu.

1 adalah event dari kantor lama gue yaitu "Jambore Jumantik Cilik". Gue dapet kesempatan terlibat bantuin acara ini karena gue partly ada di departemen marketing waktu itu. Acaranya berjalan sukses dan proses persiapannya juga menyenangkan. Berhubungan dengan murid-murid SD dan meningkatkan kesadaran mereka tentang bahaya demam berdarah. Walaupun hujan, tapi untungnya acaranya di Citos bagian indoornya jadi tidak terlalu berpengaruh.

Dari acara ini gue banyak belajar tentang gimana caranya ngegabungin branding dan CSR menjadi acara yang bermanfaat bagi masyarakat umum maupun bagi perusahaan tentunya :)

Acara berikutnya tentang musical "Broadway Ke Java 2014", sebuah acara yang diorganisir komunitas JPAC. Gue sendiri ikut acara ini karena liat posternya dari temen gue waktu di PSM ITB. Karena gagal di audisi, jadilah gue stage crew buat acara ini. Awalnya agak males-malesan terlibat di acara ini, tapi semakin mendekati hari-H jadi makin berasa seru nyiapin acaranya plus makin deket sama orang-orang yang terlibatnya (Mungkin ada hubungannya dengan kejadian lain di hidup gue dan gue lagi mengalihkan fokus gue juga waktu itu,, hehehe...)

2. Kelas Inspirasi - Indonesia Mengajar
Setelah tahun 2013 gue berpartisipasi jadi relawan panitia di Festival Gerakan Indonesia Mengajar (FGIM), tahun ini gue ikut Kelas Inspirasi Jakarta 3 jadi relawan inspirator. Beda memang waktu terlibat jadi panitia dan waktu terlibat jadi inspiratornya. Waktu jadi inspirator, gue lebih merasakan betapa profesi guru adalah profesi penuh tantangan.

Tidak mudah untuk mendapatkan fokus perhatian murid SD terutama untuk kelas awal seperti kelas 1 sampai 3. Dengan persiapan yang seadanya, gue berharap sudah memberikan pengetahuan yang lebih mengenai dunia keuangan. Gue sadar pengalaman gue kemarin kurang maksimal, tetapi setidaknya gue sudah pernah mencoba berpartisipasi dalam meningkatkan taraf pendidikan Indonesia :)

3. Always love travelling!
Setiap tahun selalu berusaha untuk mengunjungi tempat baru yang belum pernah didatangi. Tahun ini pun tidak ketinggalan, Jepang menjadi pilihan berlibur keluarga di tahun ini. Akhirnya jadi juga berkunjung ke negeri matahari terbit ini, jalan-jalan di 2 Disneyland,, foto-foto di objek wisata dan melupakan sejenak masalah-masalah kerjaan sehari-hari.

Mungkin sudah banyak yang tahu kalo keluarga gue jarang banget ngumpul bareng ber4,, jadilah kesempatan-kesempatan liburan ini juga menjadi quality time untuk keluarga gue :)

4. Relationship
fyuhhh,, last but not least,, finally come to this issue...

Kalau kata Mas Ronan Keating,, Life Is A Rollercoaster...

Beberapa hal gue pelajari tahun ini tentang isu ini

a. Terima masa lalu,, saat ini,, dan masa depan
Semua orang selalu punya masa lalu, entah baik maupun buruk (Walaupun penilaian ini subjektif dan perlu dilihat semua hal yang membuat masa lalu itu terjadi). Masa lalu tidak bisa dirubah dan tidak bisa terus disalahkan. Yang paling penting dari masa lalu adalah apakah bisa mengambil pelajaran dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Berterima kasihlah pada masa lalu, karena semua kejadian di masa lalu membuatmu menjadi lebih kuat bertahan sampai masa sekarang.

Masa sekarang dan masa depan adalah sesuatu yang belum terjadi dan masih dapat dirubah. Setiap manusia punya cita-cita. Tetapi cita-cita ini dapat saja berubah seiring dengan perubahan situasi dan kondisi. Tentu perubahan ini bisa dilihat sebagai kegalauan dan kelabilan seorang manusia yang belum tahu mau apa ke depannya. Tetapi perubahan ini bisa juga dlihat sebagai hasil dari pelajaran hidup seseorang yang semakin mengenal dirinya dan selalu berusaha menjadi lebih baik.

Jika tidak bisa menerima pasangan/calon pasangan apa adanya karena masa lalu, masa sekarang dan masa depannya,, hati kecil kita akan bicara dan sebaiknya kita mendengarkannya :)

b. Kenyamanan tidak dapat dipaksakan
Buat gue, kalau membina sebuah hubungan yang paling penting adalah kenyamanan. Pengertian kenyamanan ini juga sangat luas,, kenyamanan di khalayak umum, kenyamanan dengan keluarga dan tentunya kenyamanan dengan diri sendiri. Jika satu saja kenyamanan ini tidak terpenuhi, maka seperti ada yang kurang dalam hubungan tersebut. Terutama kalau omongan orang lain cukup memberi peranan besar dalam setiap pengambilan keputusan dalam hidup lo. Well, orang lain bisa aja ngomong,, tapi tetep diri lo sendiri yang harus menjalani hidup lo kan ya?

Menurut gue, kenyamanan ini sesuatu yang masih bisa diusahakan untuk dicapai. Tapi tentu saja butuh banyak pengorbanan dan kompromi. Hanya saja, ada kalanya seseorang sudah merasa melakukan hal yang maksimal yang bisa dia lakukan tetapi tetap tidak mendapatkan hal yang ingin diraih. Well, dalam hal itu hanya diri lo sendiri yang tahu jawabannya apakah sesuatu yang ingin lo raih sepadan dengan usaha lebih lagi yang akan lo lakukan :)


Overall, menurut gue sih jodoh itu rahasia Tuhan. Manusia bisa berusaha tetapi tetap Tuhan juga yang menentukan. Tidak ada yang perlu disesali dari setiap kegagalan, anggaplah pelajaran hidup yang harus dilalui dan membuat lo lebih siap dalam menghadapi masa depan. Seperti yang sudah gue bilang sebelumnya, berterima kasihlah dengan masa lalu lo karena membuat lo menjadi lebih kuat menjalani hidup :)


Akhirnya selesai juga refleksi akhir tahun pertama gue ini.
Harapannya sih bakal ada next posting tentang Resolusi 2015 :)

HAPPY NEW YEAR



Wednesday, October 19, 2011

Terserah

A : "Eh mau makan apa nih?"
B : "Hmmm... Terserah aja deh"

Well,, pernah nggak mengalami percakapan seperti di atas?? Kalo di kehidupan gw sih itu terjadi tiap hari untuk semua pertanyaan yang membutuhkan keputusan,, jawaban gw seringkali adalah "terserah"

Mungkin banyak orang bakal ngira cuma orang phlegmatis yang bisa jawab pertanyaan kayak gitu dengan jawaban "terserah",, tapi di sering tes kepribadian sih gw melankolis koleris.. *apakah hasil tesnya tidak valid lagi karena sdh lama banget,, gw ga tau juga sih...

Logikanya,, jawaban "terserah" adalah jawaban yang cukup straightforward, karena orang yang menjawab seharusnya sudah indeferen akan keputusan yang akan diambil setelahnya.

Tapi gw mau nyoba melanjutkan percakapan di atas dengan kejadian yang biasa gw alami sehari2...

A : "Ya sudah kita makan spaghetti aja ya, sudah lama nih gw pengen makan spaghetti.."
B : "Duhh,, bule banget sih,, makannya spagheti segala,, mana kenyang sih makan kalo nggak nasi??"

Yupss,, inilah yang biasa terjadi di kehidupan gw.. Gw seringkali tidak menerima konsekuensi dari jawaban gw yang "terserah" itu,, tapi malah memberi respon negatif pada saran yang diajukan. Gw nggak tau sih kalian sering mengalami hal ini atau nggak,, tapi kalo gw liat di sekitar gw sih sering banget yang kayak percakapan di atas. Kadang2 kalo ada orang yg jawab "terserah" tapi malah ngomel klo diajak ke tempat yang dia nggak suka,, gw suka sebel juga sih.. "Tadi jawabnya terserah,, sekarang diajak malah ngomel".. But apparently I always do that :)

Mungkin ada baiknya kalo nggak sembarangan ngejawab "terserah" apalagi kalo ada kemungkinan bakal nggak siap menerima konsekuensi dari jawaban itu sendiri. But it just my thoughts guys :)

Saturday, October 1, 2011

My New Campus: Strathclyde University


Yeayyy,,, i'm officially mahasiswa lagi!! Berasa muda boo padahal tetep ajee maksudnya mahasiswa s2,, hehehe...

Sudah tau dong dari post sebelumnya kalo sekarang gw kuliah lagi di University of Strathclyde, Glasgow, United Kingdom. Jadi kalo di Glasgow ini ada tiga kampus besarnya yaitu: University of Glasgow (UOG), University of Strathclyde and Glasgow Caledonian University (GCU).

Kalo dari segi lokasi,, Strathclyde sm GCU ini lebih kayak city campus,, karena emang lokasinya yang deket banget sama city centre Glasgow. Sementara si UOG lokasinya agak jauh di daerah West End. Sementara kalo dari segi bangunan,, si UOG lebih ke arah klasik karena memang universitas tua dengan gedung utamanya yang kayak kastil2 Hogwarts although katanya sih dalemnya sudah banyak direnovasi; sementara GCU lebih ke arah modern karena memang kampus baru dengan banyak bermain elemen kaca dan bidang geometris (bahasanya sudah berasa pakar arsitektur belum nih gw??) dan akhirnya si Strathclyde yang lebih ke arah "labil" karena nggak jelas mau ke klasik atau modern cenderung ke campur2 semuanya ada di kampus,, hehehe....

Gw baru satu minggu nih masuk kuliah.. Sebagian besar kuliah gw masih di Stenhouse Building yang ada di Cathedral Street. FYI,, kontur tanah di Glasgow ini agak berbukit2 dan si Stenhouse ini ada di bagian bukitnya. Bus dari flat gw berhentinya di George Street,, cuma beda satu blok dari Cathedral Street. Tapiii,,, berhubung di bukitnya,, jadilah kalo mau ke gedungnya harus naik tuh bukit,, hari pertama capek banget booo!!! Sudah tinggi,, curam banget lagi tuh bukitnya.. Well,, bukan Dias namanya kalau nggak punya akal,, gw menemukan jalan naik lift dan pindah2 gedung untuk bisa naik ke atas dengan nyaman,, dan ternyata semua bule juga kayak gitu boo!!! hahahaha....

Oh iya,, namanya juga city campus,, nggak ada sama sekali tuh gerbang pembatas kayak gerbang ganesha.. Dan bener2 kayak gedung2 di dalem kota biasa aja gitu,, enaknya sih deket sama city center jadi kalo kosong bisa langsung jalan2 deh,, hehehe... Jadi ada yang tertarik kuliah di Strathclyde??

A New Beginning


Wohooo.... I am back!!!! :)

Nggak terasa ternyata blog ini sudah nganggur selama kurang lebih 2 tahun,, atau sama dengan masa bakti gue di kantor terakhir gw KP**... You know lah ya kenapa gw nggak bisa mengupdate blog ini selama gw kerja disana,, pulang kantornya bisa jam 10 malem bo minimal!!! *walopun bulan2 terakhir gw sudah males lembur sih,,, hihihii...

Btw anyway busway,,, gw sekarang sudah di Glasgow!!! Yupss,, I am a postgraduate student right now,, majoring in Investment Finance in Univesity of Strathclyde (sudah mulai sok pake bahasa inggris booo,, secara semua tugas juga harus pake bahasa inggris,,, hehehe...) So,, anyone interested to go to Glasgow,, please do contact me :)

Mungkin ada yang bertanya2 kenapa gw milih sekolah disini,, plus kyknya nama universitasnya aja nggak terkenal... Well karena gw orangnya ranking minded yaa,, jadilah waktu itu gw memilih universitas based on ranking especially on accounting finance department.. Dan ternyata oh ternyata si strathclyde ini No. 1 Finance in Scotland,, 5 besar di UK plus salah satu dari business school di dunia yang dapet triple accredited, yang mana cuma 1% di dunia ;)

Oh iya tips kalo mau nyari S2,, sekarang tuh S2 di Inggris tidak semahal yang dipikirkan orang kebanyakan kok.. Malah bisa lebih murah dari Australia ato Amerika.. Rata2 tuition fee s2 di Inggris sekitar GBP 15,000 untuk program setahun, biaya hidup di luar kota London kurang lebih bisa GBP 10,000 setahun.. So,, totalnya GBP 25,000 yang kalo dikursin Rp 14,000 jatuhnya jadi Rp 350,000,000 Quite a bargain laahh ^_^

Gw sih berharap di Glasgow ini gw bisa memulai kembali kehidupan gw dengan lebih baik,, it's so hard you know living in Jakarta for the past three years... That is why this is another new beginning and adventure in my life.. Hope everything going on smoothly for my master degree ;)



Thursday, October 1, 2009

My first ever farewell email!!! will there be more??

How do I say goodbye to what we had?

The good times that made us laugh

Outweigh the bad

I thought we’d get to see forever

But forever’s gone away

It’s so hard to say goodbye to yesterday

Finally,,, this moment has arrived…..

Tanggal 2 Oktober 2009 besok adalah hari terakhir saya menjadi Management Trainee di Pfizer. Tidak terasa waktu berlalu sudah 9 bulan sejak saya masuk pertama kali di Pfizer tanggal 5 Januari 2009. Telah banyak pengalaman menyenangkan yang saya rasakan di pekerjaan pertama saya ini. Ditambah lagi dengan rekan-rekan kerja yang menjadikan proses belajar dan kerja selama ini menjadi semakin menyenangkan ;)

Tidak ada kata yang dapat saya katakan kepada rekan-rekan semua selain TERIMA KASIH!!! Terutama saya ucapkan kepada :

  1. Marsenia Trinanda Haris,,,, the one who makes me stay this long and made me believe on what I believe in… Terima kasih banget buat semua support dan dukungan termasuk menjadi guide untuk kehidupan baru gue di Jakarta ;) Thanks for everything and sorry for any disappointment, Sometimes I just need to experience something before I realized I have to avoid it ^_^

Keep smiling, keep shining

Knowing you can always count on me

For sure,, That’s what friends are for

For good time and bad time

I’ll be on your side forevermore

  1. Temen2 MTDP terutama batch 1,,, Thia & Ary!!!! Temen2 dalam suka duka selama 9 bulan bersama ini. Mulai dari di ruangan lantai 11, cubicle di lantai 10,, sampe sekarang di ruangan di PGM… I’ll miss all of our routine guys!!!hiks3x… Terima kasih banyaaakkkk buat semua kerjasamanya selama ini,,, maaf kalo sekarang jadi cuma ber2 aja,,, hehehehe…. VIO (Vya & Rio),,, all the best for you ya guys,,, walopun kita jarang bareng tapi kita tetep MTDP 1.0. Keluar satu tumbuh 99994 MT yang lain,,, that’s why kita dikasih nomor MT00001-MT00005 kan??hehehehe…. VIVA MTDP 1.0!!!!!

Amigos para siempre means you’ll always be my friend

Amics per siampre means a love that cannot end

Friends for life not just a summer or a spring

Amigos para siempre

  1. Geng starbucks lantai 11 especially senior EF Com, Adri&Aya… Entah kenapa gue dulu bisa masuk ke dalam lingkaran kalian,, but it is very fun though… Kita masih bisa tetep sesi jalan bareng dong tentunya,,, tinggal telp aja kok,,, hehehehe…. Tapi kayaknya junior kalah jauh nih sama senior ;) Eric, Elsa, Chimi thanks for all of the starbucks session,,, ngobrol ngalor ngidul nggak jelas sampe malem,,, jangan lupa ajak gw ya kalo ada starbucks or coffee bean session lagi J
  2. Geng lantai 10…. the bitches!!! Riska, Anggi, Icha, Bang Ben, Intan, Berlian,,, seneng banget bisa punya temen “gila” kayak kalian,,, kapan lagi nih??kayaknya sudah lama deh,,, jangan lupa ajak2 ya;)
  3. Geng BBB,,,, especially “Kak Mel”,,, nggak pernah sekantor tapi malah FBan mulu,, ckckckckkck.. Thanks buat semua dukungan buat adekmu ini kak,,, jangan lupa minta pindah kantor di tengah kota dong,,, hehehehehe….. Mita, Cimot, Yuday, Sence, Ningrumi, Santi, Matyadi,,, temen gaul di depok!!! hahahaha…. kapan lagi coba bisa jadi AGD (Anak Gaul Depok) hihihihihi….. Kalo ketemuan di tengah kota aja ya,,, nanti dicariin sate RSPP dan tempat eksis yang lain deh ;) Salam Eksis,,, halah….
  4. Buat semua rekan-rekan yang pernah bekerja sama dengan saya,,, terutama Mbak Nana dan Mbak Renny,,,, terima kasih sudah direpotin sejak proses rekrutmen sampe sekarang,,, waktu bulan Desember seneng banget tuh dapet telpon dari kalian ,,, that was my first ‘yes’ ;) Temen2 BT, PGM, dan temen2 lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,,, TTTTEEEEERRRRIIIIIMMMMAAAA KKKKAAAASSSSIIIIHHHHHH !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Semua kenangan selama bekerja di Pfizer akan selalu menjadi bagian lembar hidup saya.

Saatnya saya membuka lembaran hidup yang baru dengan tidak melupakan lembaran hidup yang lama.

Good luck for all of us guys,,, Nice to know all of you !!!! J

Kamu sangat berarti

Istimewa di hati

Selamanya rasa ini

Jika tua nanti kita t’lah hidup masing-masing

Ingatlah hari ini

As we go on, we remember
All the times we had together
And as our lives change
Come Whatever
We will still be Friends Forever

Regards,

Dias Widya Ramadhan

Management Trainee