Monday, April 20, 2015

Kick Off Meeting 2015: STRIKE BACK!

What are you going to do when your rival hit you?
STRIKE BACK!!

Yapp,, itulah kira-kira tema kick off meeting perusahaan gue tahun ini: STRIKE BACK!!

So basically, tiap awal tahun tuh perusahaan gue mengadakan acara kick off meeting. Tujuannya sih untuk mengkomunikasikan rencana-rencana dan target-target di tahun 2015 ini. Berhubung tahun ini temanya tahun kebangkitan,, diambillah tema besarnya American Football dengan slogannya STRIKE BACK!!

Walaupun ini baru tahun pertama gue di perusahaan ini, ternyata gue nggak cuma jadi penonton yang manis tapi juga jadi panitia. Boleh tebak gue jadi apa?? Yak anda benar sekali jadi "Controller",, kalau di kegiatan-kegiatan jaman SMA atau kuliah tuh semacam bendahara gitu lah,, hahaha...  Awalnya agak males2an sih tapi trus mikir, "ya lumayanlah dapet exposure di persiapan acara yang lumayan besar (walopun internal kantor) secara passion kan di bidang event organizing katanya". Dan mulailah gue ikut rapat2 koordinasinya,, yang mana membuat gue makin mupeng buat jadi EO (walopun agak malesin di bagian client banyak mau tapi nggak punya budget #eh) Jadi tau juga biaya kalau mau ngundang artis2 ibukota,, hihihi...

Dua minggu sebelum acara, setelah konsep acara team building sudah matang, muncullah tugas gue berikutnya di acara ini. Gue tiba-tiba ditunjuk jadi koordinator tim HO 2 / Perak. Entah kenapa juga gue mau aja (anaknya agak murahan sih memang). Jadi dalam tim ini harus gue bagi lagi jadi 3 subtim, karena akan ada 3 kegiatan berbeda yang diselenggarakan bersamaan yaitu:
1. Fanzone: akan disediakan properti di hari H dan peserta harus bikin poster/banner untuk memberikan semangat bertanding
2. Superbowl: talent show untuk yel-yel heboh
3. Gametime: cepet-cepetan pake properti yang disediakan panitia

Berhubung Game 1 dan Game 3 nggak ada yang perlu dipersiapin sebelumnya, jadilah gue fokus nyiapin buat yang kedua, maklumlah anaknya kompetitif,, hihihi... Dengan waktu persiapan kurang dari seminggu, plus periode closing pula,, gue sebenernya awalnya nggak kebayang bakal gimana dan mulai darimana. Akhirnya gue mulai mengidentifikasi personel-personel yang bisa gue jebak dan bikin invitation meeting buat latihan,, hihihi.. Sebelum latihan gue juga browsing youtube buat mencari inspirasi kira-kira mau pake lagu apa dan gerakannya gimana. Akhirnya personally gue memutuskan untuk pake lagu "We Will Rock You", "Happy", "Waka Waka".

Akhirnya latihan perdana pun tiba. Believe it or not sebelum latihan tuh gue habis closing meeting yang lumayan menegangkan,, untungnya gue aman,, hehehe... Setelah gue muterin satu lantai sampe 2x buat narikin orang,, akhirnya gue berhasil menjaring 5 orang untuk latihan perdana. Mulailah kita diskusi mau pake lagu yang mana dan gerakannya gimana. Lagu "We Will Rock You" lolos seleksi, dan karena video contoh yang gue temuin mirip gerakan saman akhirnya kita pakein gerakan saman sederhana untuk lagu itu. Ya semacam saman fusion gitu,, hehehe...


Lagu "Happy" juga lolos seleksi buat lagu berikutnya. Untuk yang ini latihannya lebih gampang karena tinggal ngegabungin 2 video youtube yang dijadiin contoh. Sayangnya lagu "Waka Waka" nggak lolos seleksi karena katanya sudah pernah dipake di tahun sebelumnya. Jadilah buat lagu berikutnya masih pending. Kepikirannya sih lagu dangdut biar heboh,, jadi kandidat terkuatnya sebenernya "Goyang Dumang". Tapi trus mikir lagi,, saking hitsnya tuh lagu kayaknya bakal banyak grup lain yang pake lagu ini juga. Sampai akhirnya searching youtube dan ketemu sama lagunya Ayu Ting Ting yang "Geboy Mujaer" lengkap dengan contoh gerakan yang heboh banget,, sampai akhirnya kita mutusin buat pake lagu ini,, hihihi...

Cuma sempet latihan 2 hari dengan personel yang gonta ganti sempet bikin gue panik juga sebenernya. Dan kalo gue panik pasti jadinya bete dan cranky. Yang bikin nggak pede sih sebenernya di bagian samannya, karena butuh koordinasi sementara anggotanya selalu gonta ganti. Jadilah waktu nyampe di venue pas hari H gue agak males2an. Nggak terlalu semangat buat ikut kegiatan selama nunggu acara dimulai,, ya paling foto-foto aja sama tim finance. Untungnya,, anggota yang lain masih tetep semangat dan berhasil menjebak orang lain juga,, hihihi... Kita sampe niat pinjem kamar panitia buat latihan segala,, hehehe...

Sesi pertama acara tuh lebih banyak penjelasan dari management tentang strategi ke depan. Gue sih lebih menunggu waktu istirahat biar bisa langsung latihan,, hihihi... Akhirnya latihan terakhir dan anggotanya full team ber10!! Itu cuma bagian yang nari-narinya aja, gue juga berhasil memaksa orang lain buat ikutan bikinin yel-yel dan tampil buat jadi pembuka,, hehehe... Waktu latihan yang cuma sejam dan ruangan yang terbatas ternyata sukses bikin kita makin kompak dan gue makin pede buat tampil :) :)

Belum gue bilangin ya kalo acaranya ini hari Jumat?? Yess,, setelah kecapekan habis latihan, gue kudu wajib solat Jumat. Untungnya gue bukan orang terakhir yang dateng ke masjidnya,, hehehe... Gue pikir makan siang masih ada setelah Solat Jumat, ternyata oh ternyata, makanan sudah habis dan gue cuma kebagian makanan sedikit,, ya nasiblahh, mau gimana lagi :( :(  Akhirnya gue memutuskan masuk ruangan lagi yang ternyata ada sesi karaoke. Tadinya sih cuma mau duduk-duduk aja sambil dengerin orang karaoke,, eehhh taunya ada yang milih lagu Kahitna dan Micnya sampe ke tangan gue.. the rest is history LOL

Sebelum sesi team building dimulai, ada sesi motivasi dulu yang diisi sama Rene Suhardono. Salah satu motivator terkenal tanah air. Ini pertama kalinya gue ikutan sesi dia, quite excited sebenernya karena banyak cerita positif tentang dia. Pas mulai dia sudah minta peserta buat duduk di lantai,, menarik nih kayaknya. Mulai agak keganggu karena dia selalu merasa ada yang salah dengan lighting. Dia lumayan banyak cerita tentang Indonesia Mengajar yang sedikit banyak gue ngerti. Tapi entah kenapa joke dia banyak yang gue nggak terlalu suka. Poin-poin yang disampaikan cukup bagus tapi agak terlalu di awang-awang dan banyak yang sudah tau juga.Overall, gue agak kecewa,, mungkin pesertanya kebanyakan jadi dia agak bingung cara menghadapinya.

Akhirnya sesi yang ditunggu-tunggu pun mulai.. YES,, sesi team building!! Hahaha...
Berhubung gue koordinator tim, gw mempercayakan 2 kegiatan lain ke koordinator sub-team yang sudah gue tunjuk sebelumnya. Maklum anaknya mau fokus ngurusin 1 kegiatan aja,, hehehe... Begitu sampe ke venue langsung ngasih musiknya ke EO dan dapet giliran ke3. Langsung deh final rehearsal sama my beloved team! Termasuk mastiin detail2 pas pergantian lagunya plus janjian cara masuknya sama yang tim yel-yel. Perumpamaan "Tiada Gading Yang Tak Retak" tuh bener banget deh,, baru selesai yel-yel ada masalah yaitu EOnya salah mainin musiknya!! Berusaha tenang tapi agak nggak bisa,, jadi ya pasrah aja biar nggak ganggu konsentrasi. And the rest is another history :) :)

Selesai tampil gue PUAAAASSSSSSS bangetttttt,,, couldn't be more proud with my team!! Bayangin aja latian efektif sebenernya cuma 1 jam, tapi bisa tampil maksimal dan dapat sambutan penonton yang meriah. Not to mention, I got a high-five from my Boss!!! Bos gue yang selalu serius tiba2 bilang Good Job ke gue!! Semoga dengan begitu dia menyadari kalau karir gue salah jalur (ngarep,com)  Kehebohan belum selesai di venue Superbowl doang,, jadi ternyata ada yang ngerekam, jadilah videonya tersebar ke semua orang dan sampe makan malem masih banyak yang ngomongin,, Hahahaha...

Selesai sesi team building  dan makan malem,, akhirnya masuk ke acara puncaknya. Ada penampilan artis plus pengumuman pemenang games. Tapi apa daya ternyata belum rejeki,, jadinya belum menang di tahun ini,, masih ada kesempatan tahun depan sih,, hihihi... MC Omesh & Ayu Dewi sukses menghidupkan suasana acara menjadi lebih meriah. Dan akhirnya penampilan Kahitna muncul juga. Agak males maju ke depan panggung buat nonton,, mungkin karena pas di JHHP sudah maju2 ke depan kali ya,, jadinya ya nonton di barisan paling belakang gitu deh,, hehehe...


  




No comments:

Post a Comment