Saturday, October 1, 2011

My New Campus: Strathclyde University


Yeayyy,,, i'm officially mahasiswa lagi!! Berasa muda boo padahal tetep ajee maksudnya mahasiswa s2,, hehehe...

Sudah tau dong dari post sebelumnya kalo sekarang gw kuliah lagi di University of Strathclyde, Glasgow, United Kingdom. Jadi kalo di Glasgow ini ada tiga kampus besarnya yaitu: University of Glasgow (UOG), University of Strathclyde and Glasgow Caledonian University (GCU).

Kalo dari segi lokasi,, Strathclyde sm GCU ini lebih kayak city campus,, karena emang lokasinya yang deket banget sama city centre Glasgow. Sementara si UOG lokasinya agak jauh di daerah West End. Sementara kalo dari segi bangunan,, si UOG lebih ke arah klasik karena memang universitas tua dengan gedung utamanya yang kayak kastil2 Hogwarts although katanya sih dalemnya sudah banyak direnovasi; sementara GCU lebih ke arah modern karena memang kampus baru dengan banyak bermain elemen kaca dan bidang geometris (bahasanya sudah berasa pakar arsitektur belum nih gw??) dan akhirnya si Strathclyde yang lebih ke arah "labil" karena nggak jelas mau ke klasik atau modern cenderung ke campur2 semuanya ada di kampus,, hehehe....

Gw baru satu minggu nih masuk kuliah.. Sebagian besar kuliah gw masih di Stenhouse Building yang ada di Cathedral Street. FYI,, kontur tanah di Glasgow ini agak berbukit2 dan si Stenhouse ini ada di bagian bukitnya. Bus dari flat gw berhentinya di George Street,, cuma beda satu blok dari Cathedral Street. Tapiii,,, berhubung di bukitnya,, jadilah kalo mau ke gedungnya harus naik tuh bukit,, hari pertama capek banget booo!!! Sudah tinggi,, curam banget lagi tuh bukitnya.. Well,, bukan Dias namanya kalau nggak punya akal,, gw menemukan jalan naik lift dan pindah2 gedung untuk bisa naik ke atas dengan nyaman,, dan ternyata semua bule juga kayak gitu boo!!! hahahaha....

Oh iya,, namanya juga city campus,, nggak ada sama sekali tuh gerbang pembatas kayak gerbang ganesha.. Dan bener2 kayak gedung2 di dalem kota biasa aja gitu,, enaknya sih deket sama city center jadi kalo kosong bisa langsung jalan2 deh,, hehehe... Jadi ada yang tertarik kuliah di Strathclyde??

23 comments:

  1. Halo Mas... Saya Nina, mahasiswa S1. Belum lulus sih masih skripsian, tapi saya mau langsung nerusin S2. Saya dapat info beasiswa Strathclyde UK-2012 yang ngasih £4000 and £6000.
    Nominal segitu cukup ga u/ biaya kuliah + biaya hidup disana?
    Soalnya saya kn belum kerja & ortu uda lepas tangan setelah saya lulus kuliah nanti.
    :)

    ReplyDelete
  2. Halo Nina.. untuk biaya kuliah di Strathclyde tahun akademik 2011/2012 rata2 12000GBP baik untuk jurusan manajemen maupun yang tehnik. Teman saya ada yang dapat partial scholarship dari university tapi hanya dapat 3000GBP jadi belum menutup semua biaya kuliah.

    Untuk perhitungan biaya hidup kurang lebih 600GBP per bulan,, jadi untuk masa studi kurang lebih 1 tahun total butuh biaya sekitar 7200GBP. Tapi ini belum termasuk uang buku karena dengan asumsi buku selalu pinjam di perpustakaan dan untuk makan juga selalu masak sendiri.

    Kalau memang mau s2 ke inggris, ada beberapa beasiswa bisa membantu. Yang paling terkenal tentu chevening. Kalau boleh tau Nina dari jurusan apa ya? Kalau dari tehnik ada program Erasmus Mundus yang mencakup satu tahun di Strathclyde yaitu Global Innovation Management.. Tiap tahun biasanya ada 2 orang Indonesia yang mengikuti program ini. Kalau di bidang ekonomi, ada http://www.tifafoundation.org/ yang biasanya awal tahun membuka program beasiswa ekonomi dan politik ke St. Andrews University. Beasiswa diatas setahu saya semuanya sudah beasiswa full mencakup biaya kuliah dan biaya hidup.

    Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  3. Saya dari program studi sosiologi FISIP. Konsentrasi saya sekarang di bidang politik pertanian, kebijakan di bidang pertanian, & kehidupan petani/ masyarakat secara umum. Maunya ambil S2 tahun 2012/2013 jurusan ilmu sosial/ agricultural policy/ public policy.
    Oya kalau boleh tahu, GBP sekarang kalau dikurskan rupiah jadi berapa ya?

    ReplyDelete
  4. Hmmm.. harusnya cocok tuh sama program yang Tifa Foundation,, coba cek2 aja sekitar januari ato februari gitu. Kalo kurs sekarang sih Rp 14,400/GBP

    ReplyDelete
  5. Owh... Oke!! Terima kasih banyak ya Mas :)

    ReplyDelete
  6. Yas... Thank you ya udah ngasih ide buat naik lift kalo mau ke Stenhouse..

    Now I know how to survive the HILLS.. lol

    ReplyDelete
  7. Hi, Dias.
    Salam kenal.

    Kamu tinggal di akomodasi kampus atau rent private house?
    Kalau biaya hidup 800 sebulan di sana termasuk cukup gak ya?

    Thx, Dita

    ReplyDelete
  8. Gw private rent Dit,, lebih murah dari student housing total bisa sktr 600 perbulan. Tapi kalo student housing mungkin 800 cukup kok. :)

    ReplyDelete
  9. Hi Lagi :)

    Thanks udh dijawab, Dias

    Mau nanya lagi, mg2 gk bkn bete haha.
    Private rent nya dimana kalau boleh tau. Jauh atau deket dari kampus? Yg recommended :)
    Selain dri kampus, nyari student housing gw dpt info, cari di collegeland dan blackfriars.
    Sekalian boleh tanya knapa lo akhrny milih Strath gk? Dan kenapa pilih jurusan yg lo ambil skrg buat 3 pilihan lain. Gw lg agak bimbang antara Fin-Strath dan Money, Banking, Fin-Birmingham hehe.

    Sori ya pertanyaan nya gak banget.

    Trmksh,
    Dita :)

    ReplyDelete
  10. Private rentnya lumayan sih,, nggak terlalu deket banget. Kalo jalan sekitar 30 menit dari kampus (city centre) atau 15 menit naik bus. Kalo mau private rent emang harus agak giat browsing sih Dit,, terutama di gumtree karena bedanya sama student housing ya private rent ini nggak ada yg mengorganize,, kita harus kontak masing2 owner/agent.

    Well,, kalo collegeland ato Blackfriars sih mnrt gw msh termasuk student housing (although bukan dari kampus) Jadi jatuhnya ya belum terlalu murah2 banget. Tapi enaknya sih semua tersedia, keamanan terjamin dan ada liftnya. Maklum disini kalo private rent jarang ada liftnya padahal bisa sampe lantai 4,, hehehe...

    Kalo lo masih bimbang mau ngambil s2 dimana,, mending jangan mikir tempat tinggal dulu. Yang penting sudah tau gambaran living cost msg2 kota sdh cukup hrsnya. Jadi lo bs fokus memutuskan mau ngambil s2 yg mana dan setelah itu baru mulai nyari rumah dan flatmate. Karena klo lo sdh nyari rumah di glasgow padahal akhirnya lo ngambil yg birmi kn jd buang2 waktu.

    Kalo gw sih knp akhirnya gw ngambil strathclyde karena gw orangnya ranking-minded. Dan berdasarkan University Guide di UK,, strath tuh masuk 5 besar untuk Finance,, that's why gw akhirnya milih di strath. Kalo tahun gw kmrn sih,, modul 4 jurusan finance di semester 1 tuh sama,, jadi lo msh bisa mikir2 untuk pindah jurusan di akhir semester 1. Gw awalnya Investment&Finance,, tp akhirnya ngambil Finance aja krn yg awal jadinya terlalu ke Investment sementara gw lebih pengen corporate finance.

    Gw nggak terlalu tau yg Birmingham sih,, tp diliat2 aja modulnya masing2 gimana. Oh iya sebagai tambahan,, tiap tahun BI ngirim s2 ke strathclyde,, dan intake sept ini katanya bakal ada 4 yg dtg.. Jadi nggak jelek2 amat kok di strathclyde:) Dan tahun lo ini kn modul di strath lebih dikit dari tahun kmrn,, jd hopefully ujiannya nggak bakal sebnyk gw dan tgs2nya jg.. Maklum disini yg paling terkenal gila perpus anak2 financenya,, hehehehe....

    Anyway,, selamat memilih jurusan.. Nanti kalo sudah pasti ke Glasgow baru search2 rumah deh :)

    ReplyDelete
  11. Hi Dias,

    Aku mau tanya2 ttg Strath nih. FYI, I've received a conditional offer from Strath and I'll be taking IELTS Test on July 12th (2days from now!!). Honestly aku masih bingung mau ngambil uni apa, aku ada 4 pilihan sih: Financial Analysis n Fund Mgmt Uni of Exeter (not yet accepted, but it's in line with CFA level 1 and 2, which is awesome!), Investment n Finance Strath Uni, Investment Mgmt Heriot Watt Uni, and Investment Mgmt Coventry Uni (super cheap + i got a scholarship, no thesis, n katanya applicable), pokoknya semua ttg investment :P my question is: kalo menurut Dias, courses di Strath applicable ga sih? or too theoretical? how about the quality of the lecturers n facilities? will u recommend others to enter Strath? and why?

    Anyway, how's the life in Scotland? is it good? accent'nya susah ga? lol

    Thanks for your help!

    Best regards,
    Allan

    ReplyDelete
  12. oh, I'm from Surabaya as well! I just noticed it in your bio! lol

    ReplyDelete
  13. Hi Allan,,

    Congratulation on the offer!! Well,, pertanyaannya cukup banyak dan agak detail ya,, tp aku coba jawab deh ya...

    Menurut aku sih kuliah Finance di Strath cukup bagus terbukti masuk 5 besar Accounting Finance di UK http://www.thecompleteuniversityguide.co.uk/league-tables/rankings?s=Accounting+%26+Finance although mungkin msh bnyk imperfection disana sini.

    Basically, setelah aku observe kuliah di UK itu in general kurang applicable sama misalkan kuliah di US. Di UK kita lebih dititikberatkan sama baca jurnal, bikin report dll dan bukan ke analisa atau case study. Tp kalau dilihat dr materinya sih cukup applicable, hanya saja jadi kurang terasah karena tugasnya lbh banyak literature review. Dan ini kykny terjadi di semua jur finance di UK,, kecuali kalo ngambilnya emang MBA.

    Untuk kualitas pengajar bisa dibilang acceptable. Bisa menyampaikan materi dgn baik walaupun beberapa kali membuat kesalahan saat memberi kunci jwbn dll. Nggak ada yg sempurna sih ya jd ukurannya msh oke. Well,, untuk fasilitas departemen acc&fin sndr mnrt gw agak kurang; kita nggak dapat jatah Financial Times (kayak koran Bisnis Indonesia) malah anak marketing yang dapet, ruang kelas, common room dam computer lab jg terkesan seadanya dan agak jomplang jika dibanding dengan departemen lain.

    Well,, kalo aku liat dari pilihan uni kamu,, kyknya Strath msh yg rankingnya paling tinggi deh. Kalo exeternya dapet kykny itu yg bakal jd big contender,, karena dpt 2x ujian CFA,, tp kayaknya biaya kuliah dan biaya hidup jg lbh mahal dibanding glasgow. The other sih aku belum pernah denger,, tp kalo yg coventry itu full scholarship bs diconsider sih,, tp kalo nggak agak sayang juga klo mahal2 kuliah di UK tp di jurusan yg krg bgs.

    Scottish accent agak2 membingungkan sih,, tapi kalo di UK tiap2 daerah jg punya aksen masing2,, jd bkn cm scotland yg aksenny aneh. Yang bikin males cuma udaranya aja sih yg gloomy, ujan, angin even summer kayak gini. Tapi lama2 enak jg kok tinggal di Scotland :)

    Anyway,, good luck with the IELTS! Kalo mau tanya2 lagi monggo lhoo :)

    ReplyDelete
  14. Hi Dias,
    Thanks for ur quick reply!

    Wah setelah baca ceritamu kok jadi males masuk Strath ya..hahaha! cos for me, the most important factors for a good investment program are the applicability (real case studies, observation, etc) and facilities (ex: real-time finance thingy, like Reuters, etc). kalo ga ada 2 itu kayaknya kok useless ya, sorry to say :(

    Ranking-wise sih emg Strath rankingnya lmyn tinggi bbrp tahun trakhir and aku juga dapet rekomendasi Strath dari dosenku yg PhD and MSc nya ngambil di Strath, n he's super successful now, tapi bkn di investment area.

    Anyway, have u finished ur MSc program? u've been there for a year right? I read that u finally switched to MSc in Finance after ur semester 1, didnt u? kalo denger2 dr temen Dias di Strath yang ambil MSc Investment and Finance gimana komentarnya? is it good?

    I'm super confused! sorry to bother u with tons of questions!! :( If I got accepted in Exeter, I'll definitely go there. but if I dont, that's still a big question mark: Strath or Coventry? I love the fact that Coventry doesnt require thesis and allow me to have an internship program, which I believe will be A LOT more practical.

    Best Regards,
    Allan

    ReplyDelete
  15. Hi Allan,,

    Aku akuin sih kalo kamu tertariknya memang sama Investment, Investment&Finance strath agak kurang. Bisa diliat di modulnya kalo semester 1 msh ada general finance bahkan accounting jg,, tp kalo coventry karena memang cm Investment management jd dia sdh fokus cuma ttg investment dari semester 1. Ditambah lagi Coventry ada kemungkinan untuk internship dan cukup aplikatif dengan reuters dll.

    As conclusion, kayaknya kalo emang mentingin aplikasi dan topiknya ttg investment I think Coventry Uni lebih memenuhi kriteria2 kamu. Apalg kalo emg ga bother ttg rankingwise sama sekali. Karena kalo dr pengalaman anak Investment yg skrg memang cukup theoretical dgn tgs literature reviewnya,, walaupun ada bbrp mata kuliah yg tgsnya jg analisa dan cukup menantang. Tapi kita emang nggak pake financial thingy kayak reuters etc.

    Taught coursesnya sdh slesai sih,, skrg msh ngerjain disertasinya. Yups tdnya gw enrol untuk Investment Finance trus setelah semester 1 gw switch ke Finance aja karena gw ngerasa investment bukan bidang gw,, hehehe...

    Anyway,, yang penting sekarang siapin untuk tes IELTSnya,, biar dpt skor paling tinggi trus dpt Exeternya. Setelah itu baru diputusin deh mau ngambil master dimana :)

    Cheers,
    Dias

    ReplyDelete
  16. Hi Dias!

    I would like to let u know that I've passed the IELTS exam with 7.5 overall and officially accepted at Exeter! What a miracle! :)) Now I'm still looking for the right accommodation for me, which is really difficult, cos I dont know any Indonesian studying there.

    Anyway, goodluck on ur dissertation!!

    Best regards,
    Allan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Congratulations!!! Coba cek di group FB PPIUK atau milis PPIUK http://www.facebook.com/groups/32562349092/ Mahasiswa Indo di Exeter lumayan banyak kok,, dan setau aku skrg ada yg lg summer holiday balik ke Indo. Mungkin bisa bantu2 juga nanti.

      Good luck!

      Cheers,
      Dias

      Delete
    2. Mas Diaz, mau nanya neeeeeh....
      Mas ambil Master of Finance (S2) di Strathclyde Business School khan?
      Pertanyaan Saya gak banyak sih:
      1. Berapa biaya hidup per bulan di Glasgow (including biaya sewa asrama/apartemen)?
      2. Bagaimana suasana kota Glasgow untuk belajar dan tinggal?
      3. Apakah kul di SBS dan tinggal di Glasgow bikin kemampuan berbahasa Inggris naik signifikan? (listening, reading, speaking, dan writing)
      4. Klo mau jalan2 ke Eropa pas libur tengah semester apa aja yang harus disipakan? (hehehehe...)


      Sekian dulu Mas pertanyaan Saya...
      Mohon info

      Delete
  17. Hi Mas Yasser,

    Iya aku kemarin s2 Master of Finance di Strathclyde Business School. Aku coba jawab pertanyaannya ya:

    1. Rata2 biaya hidup sebulan di Glasgow antara GBP 600 - 800, tergantung sama tinggalnya dimana dan uang makan. Yang lebih murah biasanya private housing sewa apartemen gitu bareng2 sama temen2 yang lain. Kalo Campus housing biasanya lebih mahal bisa sampe GBP 100/week.

    2. Glasgow menurut aku sih pas buat belajar. Karena ukuran kotanya sedang, tempat hiburan cukup memadai dibanding kota lain. Untuk belajar juga cukup nyaman karena fasilitas perpustakaan memadai.

    3. Tentu saja karena setiap hari harus berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris (kecuali selalu berkumpul dengan komunitas Indonesia). Tapi kalau di Glasgow jarang sekali kita bisa satu kelas sama orang Indonesia, jadi at least sama temen kampus pasti komunikasi bahasa Inggris :)

    4. Kalo mau jalan2 ke Eropa, jadinya harus bikin visa di Inggris. Yang penting paspor masih berlaku lebih dr 6 bulan,, karena kalau tidak harus perpanjang di KBRI London. Selebihnya bisa disiapkan disana jika rencana sudah matang seperti: tiket pesawat, hotel dan asuransi perjalanan

    Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  18. Halo mas, salam kenal dari saya. Semoga di Desember ini saya jadi berangkat ke Glasgow. Saya di Electronic and Electrical Engineering, Ultrasonic Engineering.
    Mas, karena untuk keperluan pengajuan sponsor (karena beasiswa LPDP dan BPPLN tidak menyertakan Univ Strathclyde), saya membutuhkan bantuan mas untuk melihat sedikit mengenai detail biaya yang akan dikeluarkan selama studi disana seperti biaya hidup, asuransi kesehatan, dan biaya lainnya mas.
    Jika mas bersedia, saya ingin melihat contoh daftar biaya secara keseluruhan, baik bulanan, tahunan, hingga kumulatif sampai selesainya studi disana.
    Terimakasih mas, salam kenal sekali lagi dari saya.

    ReplyDelete
  19. Hi Mas Gede,

    Untuk biaya hidup di Glasgow kira-kira:

    1. Akomodasi : GBP 350 - 400
    2. Makan : GBP 300 (asumsi GBP 10/hari)
    3. Transport : GBP 50
    4. Buku, stationary, print tugas, etc : GBP 100

    Jadi total biaya hidup sebulan sekitar GBP 800 - 900. Bisa lebih rendah kalau akomodasi bisa dapat private rent trus kalau masak sendiri, biaya makan juga bisa lebih rendah dari ini.

    Kemarin juga ada yang mendapatkan LPDP ke Strathclyde dan akan berangkat September ini. Mas Gede bisa email ke dias_wr@yahoo.com dan akan saya share contactnya supaya bisa sharing tentang syarat2nya.

    Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  20. halo mas, saya dian. Very nice post! saya baru dapet conditional offer nih untuk jurusan library science nya. saya mau nanya nih, pembayaran kuliahnya langsung di awal apa bisa ada tenggang waktu? masalahnya harus accept atau decline offer in 21 days, dan baru apply beasiswa yg hasilnya baru keluar bulan juli tahun depan! Jadi kalo saya terima offer, tapi ga dapet beasiswa, sangat berat kayaknya. ada suggestion ga mas gimana baiknya. Ohya, visa-nya pake yang mana ya mas? tier 4 ya? tapi syaratnya harus unconditional offer, trus ada biaya bulanan 800 poundsterling yang saya blm ngerti. Maaf kalau banyak pertanyaan nya ya mas. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  21. Hai Dian,

    Selamat sudah mendapatkan offer dari Strathclyde dan semoga lancar aplikasi beasiswanya :)

    Untuk pembayaran biasanya di awal perlu membayar semacam DP, waktu aku dulu bayar GBP 3000,, nanti sisanya bisa dibayarkan waktu registrasi ulang. Jika masih menunggu keputusan beasiswa, bisa dikomunikasikan ke pihak Strathclyde dan biasanya mereka akan memberikan toleransi.

    Untuk visa student memang menggunakan visa tier 4. Untuk biaya bulanan maksudnya adalah Dian/orang tua/pemberi beasiswa menjamin akan mempunyai dana yang cukup untuk kebutuha hidup dengan standar minimal GBP 800/bulan. Biasanya hal ini dibuktikan dengan rekening koran atau surat pernyataan dari bank. Untuk conditional offernya sendiri apakah karena harus sekolah bahasa? Jika iya, biasanya visa awal hanya akan diberikan untuk periode sekolah bahasa tersebut, jika lulus maka Dian harus memperpanjang visanya untuk selama masa studi S2 (perpanjangan bisa dilakukan di UK dan biasanya akan dibantu oleh International Office)

    Semoga membantu :)

    ReplyDelete